Riwayat Assegaf Di Sungai Mesa

SUNGAI Mesa merupakan sebuah kampung tua di Kota Banjarmasin. Kampung ini dibangun oleh seorang tokoh yang dikenal dengan nama Kiai Mesa Jaladri. Tidak diketahui persis, kapan Kiai Mesa membangun wilayah ini, yang jelas sejak itu Kampung Sungai Mesa menjadi wilayah tempat tinggal yang strategis.

Tags: ,

30 Responses

  1. ali
    21 Sep ’07 12:01 pm #

    Letaknya yang persis di tepi sungai Martapura, membuat daerah ini menjadi semacam pelabuhan kecil tempat menaik-turunkan dagangan dari perahu. Di seberang Sungai Mesa adalah Jalan Pasar Lama Laut yang sekarang menjadi pusat perkantoran pemerintah Provinsi Kalsel.

    Salah satu pendatang Hadramaut yang disebut-sebut pernah bermukim di wilayah ini adalah Habib Alwi bin Abdillah Assegaf (wafat pertengahan tahun 1800-an). Belakangan Habib Alwi (menurut versi lain Habib Alwi berfam Alaydrus, red) pindah bermukim ke Kampung Melayu, Martapura. Sang tokoh yang dikenal berpengaruh ini mendapat hadiah tanah di Karang Putih, Martapura (Jalan Menteri Empat) dari Sultan Adam (penguasa kraton Banjar periode 1825-1857). Tanah ini akhirnya sebagian difungsikan menjadi makam keluarga.

    Habib Alwi dilaporkan melalui perjalanan panjang dari Hadramaut-Turki-Palembang-Gresik sebelum menyinggahi Banjarmasin dan bermukim di Kampung Sungai Mesa. Tidak ada keterangan pula berapa lama beliau menjadi penduduk Sungai Mesa.

    Pemukim dari golongan sayyid yang terhitung orang lama (tua) di Sungai Mesa adalah Habib Ahmad bin Abdurrahman Assegaf. Ahmad diperkirakan lahir di paruh kedua pertengahan tahun 1800-an. Ahmad memiliki saudara bernama Umar, Muhdor dan Muhammad.

    “Pekerjaan Habib Ahmad berdagang kayu ulin, juga membawa tajau, belanga berdagang dengan urang Dayak,” cerita Syarifah Nikmah, 70, buyutnya yang tinggal di rumah tua peninggalan sang leluhur di Sungai Mesa. “Sidin cangkal bacari (beliau rajin bekerja/mencari nafkah).”

    Umar, saudara Ahmad, bahkan berniaga hingga Negeri Raffles. “Umar adalah pedagang besar,” kata Habib Abdurrahman bin Alwi, 74, sang buyut yang juga tinggal di kawasan Sungai Mesa.

    Menurut Abdurrahman, yang datang pertama kali ke Banjar adalah orangtua Umar yakni Abdurrahman bin Thoha Assegaf.

    “Abdurrahman berasal dari Seiwun, datang ke Banjar tapi kemudian balik lagi ke Hadramaut,” ujarnya.

    Kenang-kenangan perjalanan dagang Umar bin Abdurrahman bin Thoha Assegaf adalah batu nisan di makamnya (di pemakaman Turbah Sungai Jingah, Banjarmasin) yang diimpor dari Singapura. Putra Umar yang bernama Segaf, meneruskan tradisi dagang keluarganya bolak-balik Singapura-Pulau Pinang.

    Putra Ahmad bin Abdurrahman yang bernama Muhammad berprofesi sebagai kapten kapal. Namun sejak peristiwa ia mampu menjalankan kapal yang mogok dengan kekuatan spiritual, Muhammad menjadi orang rumahan.

    “Waktu hidup sidin hanya mambari banyu orang (mendoakan orang-orang yang datang berhajat). Rumah ini dulu penuh dengan orang-orang yang datang,” ujar Nikmah, sang cucu mengenang.

    Keluarga Assegaf di Sungai Mesa mayoritas berasal dari rumpun marga Assegaf Assofi. Yang pertama kali menyandang marga ini adalah Umar bin Abdurrahman (almualim) bin Muhammad bin Ali bin Abdurrahman Assegaf, keturunan generasi ke-26 Nabi Muhammad SAW.

    Marga Assegaf merupakan leluhur induk dari banyak keluarga Alawiyin. Abdurrahman Assegaf bin Muhammad Mauladawilah (generasi ke-22), adalah wali besar yang menurunkan 13 putra dan 7 putri. Dari putra-putra ini kelak lahir ulama-ulama besar bertaraf wali dengan kharisma dan memiliki spiritual power luar biasa, antara lain fam Alaydrus, Shahab/Shihab, AlQutban, AlMusawa, AlFakhir, Bin Syekh Abubakar, AlHamid, Bin Jindan, Bahsin dan Assofi Assegaf. (bersambung) ali

  2. ridz assegaff
    13 Mar ’08 7:51 am #

    ali,

    salam…ana ridzuan bin syehan assegaff ashofi dari sabah. ana terbaca riwayat ringkas keluarga hb abdurahman bin toha assegaff asshofi. ternyata selama ini ana menjejak keluarga beliau di banjarmasin tp temui kegagalan kerna tiada yng bisa membantu.

    ana dari jurai hb syech bin toha assegaff ashofi yakni saudaranya hb abdurahman bin toha assegaff. keturunan hb syech bin toha assegaff ada di sabah saat ini. ana ingin sekali berhubung dengan keturunan hb abdurahman bin toha assegaff di banjarmasin agar dapat menyatukan keluarga kami yang mana sudah berpuluh tahun terpisah. maklumat keluarga ana, ana rahsiakan dulu untuk menjaga fam assegaff ashofi. semoga sheikh ali bisa bantu ana ya. wslm

  3. ali
    13 Mar ’08 8:53 am #

    Waalaikum Salam Wr Wb. Insya Allah. Hampir tiap hari saya pulang dari kerja lewat Jalan Sungai Mesa. Nanti akan saya kabarkan bahwa ada keluarga di Sabah, Malaysia. Habib Abdurrahman bin Alwi, keturunan dari Habib Abdurrahman bin Thoha Assegaf.termasuk orang yang dituakan di Kampung Sungai Mesa. Saya turut gembira membaca pengakuan Tuan. Tuan lapis keberapa dari Habib Syech bin Toha? Boleh berbagi sejarah riwayat beliau? Sebagai saudara, yang mana yang lebih tua, Habib Abdurrahman atau Habib Syech?

  4. ridz assegaff
    13 Mar ’08 5:37 pm #

    ali,

    salam bib. ana kurang pasti yang mana abang dan yang adik cuma dalam salsilah hb toha punya 4 anak lelaki dan yang meneruskan keturunan cuma 3 orang dari mereka yakni hb abdurahman, hb syech dan hb umar. makam hb syech berada di seiwun dan beliu punya anak bernama hb hassan bin syech b toha assegaff. hb hassan b. syech ini juga seorang saudagar di sabah dan brunei. hb hassan b. syech bersama 3 saudaranya lagi dibawa dari seiwun oleh hb abdurahman bin toha assegaff ke jawa tengah terus ke banjarmasin. salah seorang saudara hb hassan b. syech keturunannya di solo, manakala saudaranya yng kedua dipercayai di banjarmasin bersama hb abdurahman bin toha. manakala hb hassan menjelajah hingga ke brunei dan terus ke sabah. hb hassan bin syech telah wafat akibat dibunuh oleh pagan di pendalaman sabah dan di makamkan disana. alhmd ana sering kali menziarah moyang ana yng ketujuh ini. ana keturunan ke 41 dari Rasulullah s.a.w…wallahualam. bib bisa beri ana no hp ke email ana ridz.assegaff@gmail.com agar bisa ana hubungi terus pd antum.

  5. ali
    13 Mar ’08 10:59 pm #

    Insya Allah saya akan gali lagi riwayat Assegaf di Sungai Mesa ini. Insya Allah, mudah-mudahan saya diberi kemudahan melakukannya agar dapat menghubungkan keluarga besar ini. Habib Abdurahman bin Alwi memerikan catatan silsilah Ashofi ini hingga ke Rasulullah. Bahkan Habib Abdurrahman bin Alwi membagi saya silsilah yang lebih jauh. Yang unik –kalau saya nggak salah– dalam Asshofi ini berkali-kali terulang nama Umar dan Toha. Salam.

  6. ridz assegaff
    14 Mar ’08 1:10 am #

    ali,

    ya akhi…bisa antum kenalkan pada ana dgn hb abdurahman bin alwi assegaff? ana teringin mau bicara sama pangkat buyut ana itu insyallah.

  7. ali
    14 Mar ’08 6:12 am #

    Insya Allah. Saya barusan pulang dari rumah beliau. Nanti fotonya saya kirim. Usia beliau sekitar 75 tahun (kelahiran Pagatan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan tahun 1933).Menurut catatan silsilih, beliau genarasi ke-38 dari Rasulullah. Kakek beliau yang bernama Habib Segaf bin Umar bin Abdurahman bin Toha Assegaf kawin dengan Syarifah Syam yang beribu Syarifah Nur Alam Bilfaqih asal Pulau PInang, berbapak Agil bin Abdullah Jamalulail Bilfaqih.

    Banyak kerabat keturunan dari Habib Abdurahman bin Toha. Ada di Banjarmasin, Banjarbaru, Pelaihari, Jakarta, Surabaya, Malang.

    Salam

  8. ridz assegaff
    14 Mar ’08 10:06 pm #

    ali,

    adakah antum sudah beritau pada hb abdurahman bin alwi assegaff tntg ana keluarga dari sabah malaysia? boleh ana dapatkan no contact keluarganya?

  9. ali
    16 Mar ’08 10:26 am #

    Sudah saya ceritakan tentang Tuan. Namun, kemarin malam itu saya belum minta nomer kontak telepon Habib Abdurahman bin Alwi Assegaf. Dalam minggu ini saya sedang melacak /menghubungi anggota keluarga keturunan Habib Abdurahman bin Toha Assegaf lainnya, yang lebih muda yang mungkin bisa memberi tambahan informasi.

  10. ridz assegaff
    17 Mar ’08 1:46 am #

    ali,

    ana baru dikenalkan dgn hbib ahmad bin agil assegaff dari keponakan hb abdurahman bin alwi assegaff. tp ana ingin kenal lagi keluarga yang lain sptnya dari keturunan hb ahmad bin abdurahman bin taha assegaff.

  11. ali
    21 Mar ’08 9:33 am #

    Tadi sore saya bertemu dengan Said Muhdhar Assegaf. Beliau juga turunan dari Habib Abdurahman bin Toha Assegaf. Ayah Said Muhdhar adalah Alwi bin Muhammad bin Ahmad bin Abdurahman bin Toha Assegaf. Kakek beliau, yang bernama Muhammad bin Ahmad, yang disebut dalam tulisan di atas kelahiran Gresik (Jawa Timur) dan wafat di Banjarmasin, 17 Agustus 1952. Sedang ayah beliau, Habib Alwi bin Muhammad menikah dengan Syarifah Fadlun binti Umar bin Muhsin bin Ahmad Ba’abud. Habib Alwi bin Muhammad lahir tahun 1909, dan meninggal dunia tahun 1992.

    Saya sudah sampaikan perihal Tuan. Nomer telepon Said Muhdhar ada di alamat email Tuan. Nomer telepon keluarga Assegaf yang lain menyusul. Salam

  12. ridz assegaff
    21 Mar ’08 6:49 pm #

    ali,

    salam bib. syukron katsiran bib. semoga ALLAH membalas budi tuan, diberi umur yang panjang dan di murahkan rezki. ana senang sekali dgn ntum.

  13. ali
    24 Mar ’08 11:07 am #

    Tuan Ridz, apa kabar? Terima kasih do’anya. Semoga Tuan juga dikaruniai Allah SWT hal yang sama. Di email Tuan saya kirimkan kontak telepon Zeid Assegaf, keturunan Habib Abdurahman bin Toha lainnya.

  14. ridz assegaff
    4 Apr ’08 5:43 pm #

    ali,

    wslm, ana bikhoir alhmd, syukran bib. sebelum ana ada contact keluarga assegaff yang lain tp mereka ini kurang mesra dan kurang tau tntg nasab. semoga zeid assegaff ini mesra orangnya insyallah.

  15. Anonymous
    7 Aug ’08 8:53 pm #

    berbagi ilmu akan menambah wawasan kita, kunjungi http://www.alaviyatayeb.page.tl , smoga bermanfaat bagi smua. sukron

  16. Anonymous
    12 Aug ’08 2:41 am #

    Assalamu’alaykum
    maaf saya numpang bercomment dg akhi2
    abah saya jg dari sungai mesa anak dari hasan assegaf

  17. Anonymous
    4 Sep ’08 7:27 pm #

    Assalamu ‘alaikum wr wb, bib, ana musoddiq, abah ana yasin marlim makam di yogya, kaik ana h syarifuddin marlim makam di karangan putih martapura, datuk ana h abdurrahman marlim makam di solo, abah datuk ana habib ahmad assegaf gelar datuk marlim meninggal 17 dzulhijjah 1287 Hijriyyah dimakamkan di gunung lintuni awangbangkal karang intan martapura, kira2 habib atau para akhi ada yang tahu silsilahnya keatas, mohon informasinya, jazakallohu khoiron katsir, wass wr wb

  18. Anonymous
    7 Sep ’08 5:30 pm #

    Waalaikum salam wr wb. Tuan Musoddiq yang terhormat, berdasarkan keterangan yang kami peroleh, Datuk Marlim adalah salah satu seorang pejuang dalam Perang Banjar (meletus 28 April 1859). Beliau punya penampilan khas berjubah kuning. Hanya itu data yang ada di kami. Apakah Tuan tahu kenapa ada nama sebutan Marlim? Setahu kami, keluarga Marlim merupakan saudagar berlian yang terkenal, bukan begitu? Bisakah pula Tuan berbagi riwayat hidup Habib Ahmad Assegaf kepada kami? Catatan kami, Assegaf tertua yang hidup di zaman Sultan Adam (raja Banjar 1825-1857) adalah Habib Alwi yang bermakam di Karangan Putih, Martapura.

  19. Anonymous
    18 Sep ’08 6:43 pm #

    ali, Assalamu’alaikum wr wb, Jazakallohu khoir bib atas informasinya, pengetahuan keluarga kami tentang beliau sangatlah sedikit,yang kami ketahui dari leluhur kami,beliau berasal dari timur tengah dan bersama 2 saudara ke indonesia serta berpencar satu ke Aceh dan satu lagi ke Sumbar(?) wallohu a’lam.Beliau melanjutkan perjalanan hingga Martapura dan menjadi punggawa kerajaan serta menyamarkan nama sebenarnya dengan sebutan datuk marlim,pada saat perang banjar melawan belanda,beliau bersama pasukannya terkurung diatas gunung lintuni hingga akhir hayatnya, beliau di makamkan diatas gunung lintuni dekat gunung pamaton.Menurut penduduk disekitar (info dari saudara ana di martapura) kadang2 secara berombongan banyak habaib dari sulawesi dan jakarta (yang mengaku keturunan beliau) berziarah ke makam beliau tapi dari keluarga kami belum pernah menjumpainya.
    Akhirnya kami dapat menemukan nama asli beliau yaitu habib ahmad (baidlawi ?) assegaf, hanya itulah yang ana ketahui.
    Apakah ada hubungannya dengan habib alwi assegaf? mengingat makam kaik ana h syarifuddin marlim makamnyapun ada di karangan putih. Ninik ana (istri kaik) adalah siti laili maryam anak guru afif bin mahmud binti aisyah bin maulana muhammad arsyad bin abdullah alaydrus al banjari,makam ninik ana ada di solo.
    Maksud kami hanya ingin behadiah dan bertawasul kepada beliau dengan mengetahui nasab beliau.
    Semoga Allah memberi petunjuk kepada kami dan antum serta selamat menjalankan ibadah shoum romadlon semoga Allah SWT meridlo segala amal ibadah kita di bulan suci ini, Amin … yaa robbal ‘alamin !

  20. Sholeh
    22 Feb ’09 5:35 pm #

    Ana soleh bn muhamad bn alwi b muhammad b ahmad b abdurrahman b toha b syeh b umar b toha b abd.Rahman b umar b toha attoha b umar asshofi b a.Rahman mualim b muhamad b ali b a.Rahman assegaf . Email salih101@yahoo.Com.

  21. mohd b shaikh assegaf
    2 Aug ’09 6:40 am #

    aslm alykm,ana mohd b shaikh assegaf albinshaikh assakran dari perlis,malaysia,ana ingin mncari kluarga assegaf albinshaikh,kluarga jid ana datang dari siyun,hadramaut.jid ana brhijrah brsama abang dan amminya kpulau pinang.jikalau ada ada apa2 maklumat dari antumntum boleh kita kongsi brsama.sukran.

  22. Ali bin achmad assegaf
    24 Dec ’09 1:54 pm #

    terima kasih atas tulisan mengenai riwayat fam assegaf
    kenalkan aku sayid Ali bin achmad assegaf
    kalau ada waktu hubungi aku di No. Hp 08125004667

  23. icemilo
    30 Jan ’10 10:29 am #

    assalamualiakum.
    saya ingin tahu mengenai habib abdul qadir in quthban assegaf……bagaimana ya boleh saya dapat informasi mengenai al habib terserbut. – terimakasih!

  24. Ahmad assegaf
    14 Aug ’10 3:28 pm #

    Nama ana ahmad bin syech bin ahmad bin umar assegaf.
    Salam kenal smuanya …?

  25. Abii Muhammad Abdul Qodir
    9 Sep ’10 10:53 am #

    Assallamaulaikum saudara ku senang kenal dengan anda……

  26. ifah
    10 Nov ’10 6:43 am #

    assalamualaikum,lun mau tanya gimana cara seseorang mengetahui marganya??

  27. sodieq bin ali bin ahmad bin ali bin muhdor bin abdurrahman bin toha
    9 Dec ’10 8:36 pm #

    itu habib abdul qodir bin alwy assegaf bukan bin qutban, habib abdul qodir ada di tuban ana kemaren sempat ketemu masya allah wali

  28. bayhas muhammad bin abdul wahid bin asadil as surakartani al jawi
    7 Jul ’11 2:04 pm #

    Assalaamu’alaykum wr.wb.
    ana mau tanya bib, sbenarnya abinya marga shofi assegaf (bukan assegaf) itu dari qabilah mana bib ?

  29. ahmad
    18 Aug ’11 3:54 am #

    ya jama’ah habaib……….. ikut nanya ya………
    antum tahu ga tentang riwayat habib abdurahman assegaf bergelar habib mamang.. harap keterangan dari antum semua……

  30. firas
    18 Nov ’11 10:40 am #

    akum bib ana mau tanya.. apakah fam nihe dari gorontalo bermagra assegaf.. afwan & syukron atas infonya